Contoh Pidato

Posting yang ke-11 hufttt cape :v ayok simak ya contoh pidatonya


Dampak Negatif di Era Globalisasi
***
Assalam mualaikum wr. wb.

Bapak/Ibu selaku guru pembimbing yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai.. Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah mempertemukan kita dalam kesempatan kali ini. Dan terimakasih kepada teman-teman yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato mengenai dampak negatif  di era globalisasi.

Sebelumnya perlu kita ketahui. Bahwa era globalisasi seperti sekarang ini telah memberikan dampak yang besar bagi kemajuan iptek dunia. Baik dalam segi perekenomian, pendidikan, dan lain sebagainya. Namun, di samping semua itu. Era globalisasi memberikan dua dampak secara bersamaan. Yaitu dampak positif dan dampak negative.
Nah yang akan saya bahas saat ini hanaylah dampak negatifnya saja.
Memang era globalisasi memiliki kekuatan yang besar untuk dapat merubah perilaku masyarakat. Dan tanpa kita sadari betul. Sebenarnya arus globalisasi ini sudah terlalu merambat masuk ke dalam kehidupan masyarakat sehingga terjadi perubahan sosial dan perilaku pada masyarakat itu sendiri.

Sayangnya, yang lebih menonjol sekarang adalah perubahan perilaku masyarakat yang negatif karena pengaruh globalisasi. Dan yang lebih parahnya lagi. Perubahan perilaku masyarakat ini kurang lebihnya sudah sama dengan terjadinya perubahan kebudayaan. Padahal selama ini kita tahu. Bahwa adat istiadat dan kebudayaan di negara kita tercinta ini amat sangat beragam. Dan amat sangat disayangkan jika kebudayaan kita ini lama kelamaan luntur akibat arus globalisasi yang semakin merusak moral dan akhlak masyarakat pada umumnya.

Dari beberapa pengamatan yang pernah saya lakukan. Perlu disadari bahwa era globalisasi seperti sekarang ini lebih mencondong memberikan dampak negatif daripada dampak positif itu sendiri. Ambil contoh dari situs jejaring sosial misalnya. Di sini kita memang bisa menemukan teman atau kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Juga bisa menjadi sarana untuk menjalin komunikasi antar teman. Namun, di samping itu ternyata situs jejaring sosial jika tidak dimanfaatkan dengan baik memiliki dampak negatif yang lebih banyak daripada dampak positifnya. Misalnya untuk bisnis online palsu, penculikan anak karena memajang foto terlalu sering di internet, menulis sesuatu untuk mengumpat dan menjelekkan orang lain sehingga dapat mencemarkan nama baik, dan lain sebagainya. Saya ambil contoh lagi, handphone misalnya. Benda sekecil dan semini handphone ini ternyata memiliki manfaat yang bagus yaitu bisa menjalin komunikasi dengan berbagai orang yang kita kenal. Namun, apa dampak negatifnya? Handphone yang sering kita anggap  sepele ini, jika sudah dipegang oleh remaja akan beda lagi fungsinya. Bayangkankan saja. Dengan handphone, seseorang menjadi cuek dengan lingkungan sekitar. Karena fokusnya sudah ke telepon genggamnya sendiri. Diam-diam bisa mengunduh aplikasi maupun video/foto yang tidak benar. Dan ketika remaja kita bersmsan ria dengan seseorang. Seakan sudah lupa akan waktu dan kewajibannya sendiri. Sehingga anak jadi lupa belajar. Apa benar demikian?

Ini masih secuil dampak negatif dari perkembangan teknologi yang bisa saya jelaskan. Bagaimana dengan perubahan kebudayaan di era globalisasi ini? Seperti yang saya jelaskan sebelumnya yaitu salah satu dampak globalisasi adalah perubahan kebudayaan yang menurut saya lebih parah daripada hanya sekedar teknologi. Seakan tanpa disadari, berlahan-lahan kebudayaan bangsa kita mulai luntur pada pemuda-pemudi sekarang. Cium tangan sebagai tanda hormat dengan orang tua, mulai jarang dilakukan. Senyum ramah khas bangsa kita, seakan mulai hilang karena kebanyakan dari anak-anak kita mementingkan kepentingannya sendiri dan terkesan tdak peduli dengan sekitar. Pergaulan yang sudah tidak terbatas lagi antara laki-laki dan perempuan sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Padahal hal-hal seperti itu, di era sebelum adanya globalisasi, benar-benar tidak ditemukan hal semacam ini. Seperti inikah masa depan bangsa kita? Apa harus era globalisasi sampai menyerang moral anak bangsa kita sampai serusak seperti sekarang ini? Apakah dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin canggihnya ilmu pengetahuan manusia, dan semakin hebat nan pintarnya manusa dalam menciptakan sesuatu, apa berdampak dengan semakin rusaknya moral manusia itu sendiri? Sehingga yang terjadi sekarang adalah manusia-manusia pintar, tapi seakan layaknya binatang yang tidak memiliki moral dan tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya sendiri.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan. Semoga dengan ini hadirin lebih menyadari dampak negatif dari globalisasi dan bukan malah menyepelekannya. Mohon maaf jika ada kata yang tidak berkenan di hati selbihnya sekian dan terima kasih.


Wassalam mualaikum wr. wb.


Puas anda puas hah ??? hehe :D just kidding friend cya dlo yaks :v

Komentar

Postingan Populer