Beberapa Jenis Jaringan Komputer

Salam. 
Bertemu lagi dengan saya, di sebuah laman baru kali ini. 

Saya kembali setelah sekian lama untuk membagi sedikit ilmu yang mungkin bermanfaat bagi agan... mungkin.. 
Kembali dengan pasti, tapi yang "pasti" itu karena ada.. tugas... yah tugas..
Tanpa beberapa kata pemanis (buatan) lagi langsung saja ke inti....


PAN (Personal Area Network)

Merupakan jaringan komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan jarak yang sangat dekat, yaitu hanya dalam beberapa meter saja. Personal Area Network atau sering disebut PAN, menggunakan teknologi WAP (Wireless Application Protocol) dan Bluetooth. PAN dihubungkan melalui bus yang ada pada komputer, seperti Firewire dan USB.

Kegunaan PAN
1. Untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2. Sebagai komunikasi personal

Contoh Penggunaan PAN
1. Menghubungkan mouse dengan Laptop menggunakan Bluetooth
2. Menghubungkan headset dengan Laptop menggunakan Bluetooth


Kelebihan Jaringan PAN (Personal Area Network)
1. Mudah dalam perawatan jaringan
2. Jika ada permasalahan pada jaringan akan lebih mudah ditangani

Kelemahan Jaringan PAN (Personal Area Network)
1. Jaringan terbatas hanya mencakup beberapa perangkat saja
2. Luas area jaringan juga sangat terbatas, hanya mampu mencakup beberapa meter saja



LAN (Local Area Network)


LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer dalam rumah, sekolah, kampus, dan sebagainya. Local Area Network atau LAN tidak memerlukan jaringan telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi dan tidak juga menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, tetapi pemilik LAN itu sendirilah yang mengelola media komunikasinya.

Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan (sharing data)
Lebih hemat dan efisien karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan (misal: printer, server, dll)
Memungkinkan informasi dan data tetap up to date sehingga jika ada pembaruan data dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah

Untuk LAN umumnya berbasis teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch. Lalu ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi disebut Hotspot.

Tujuan utama dalam jaringan lan adalah untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dalam satu jaringan sehingga bisa bertukar informasi. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah tujuan dibangunnya jaringan LAN:

1. Menghubungkan antar komputer dalam satu wilayah / lokasi
2. Komunikasi antar komputer dan perangkat dalam jaringan
3. Resource Sharing / berbagi data dan program
4. Menghemat pembiayaan karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan

Jaringan LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi karena hanya dalam lingkup satu wilayah saja
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit (dalam kantor, kampus, sekolah atau rumah)
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi (tidak membutuhkan akses internet)





MAN (Metropolitan Area Network)


Merupakan suatu jaringan komunikasi dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai macam lokasi seperti, perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya. MAN meliputi area seluas antara 5 dan 50 kilometer.

Sebuah MAN biasanya tidak dimiliki oleh suatu organisasi melainkan dimiliki oleh salah satu penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna. Ketimbang LAN, MAN berukuran lebih besar dan jangkauannya juga lebih luas, namun untuk teknologi yang digunakannya yaitu sama dengan LAN.

Berikut adalah karakteristik MAN yaitu:

1. Meliputi area seluas antara 5 dan 50 kisaran km. Banyak MAN mencakup area perkotaan.
2. Sebuah MAN (seperti WAN) umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. MAN, komunikasi linknya dan peralatan, umumnya dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menjual pelayanan kepada pengguna.
3. MAN sering bertindak sebagai jaringan kecepatan tinggi untuk memungkinkan berbagi sumber daya daerah. Hal ini juga sering digunakan untuk menyediakan koneksi bersama untuk jaringan lain dengan menggunakan link ke WAN.
4. MAN berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.
5. Hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel . Adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana




WAN (Wide Area Network)


Jaringan WAN atau Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang cakupan areanya sangat besar dan luas sehingga bisa mencakup wilayah antar negara, benua, atau di seluruh dunia. Jaringan WAN biasanya lebih mengarah pada jaringan internet, karena internet sendiri merupakan contoh jaringan WAN yang paling sering digunakan pada saat ini.

Jika Wide Area Network sudah mencakup area intercontinental maka disebut jaringan informasi global atau internet.
Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jarngan Komputer

Jaringan WAN berfungsi untuk menghubungkan komputer, router, modem, jaringan LAN, jaringan MAN, dan jaringan lain diseluruh dunia. kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan saudara yang ada diluar negeri sehingga sangat memudahkan kita dalam melakukan komunikasi dengan kerabat, teman ataupun saudara.



Penutup.
Ya hanya sedikit yang bisa saya tuliskan (ceh.. cuman copy paste blog lain.. hehe.. ada sikit dari buku kok!) dan sampai jumpa lagi.... di kesempatan lain tentunya... 
Salam..





Komentar

Postingan Populer