Artikel tentang Kekeringan

Kekeringan


Kekeringan adalah keadaan kekurangan air yang sangat ekstren dakan waktu lama. Kekeringan timbul tanpa dapat diprediksi secara tepat
Di Indonesia, hujan turun secara tidak merta meskipun pada umumnya hujan terjadi di seluruh wilayah negeri. Ada daerah yang lebih mendapatkan curah hujan dan ada pula daerah yang kurang mendapatkan curah hujan. Selain itu, hujan tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan. Di wilayah barat, hujan sudah turun, tetapi di wilayah timur belum sama sekali turun hujan. Ini dikarenakan letak geografis Indonesia barat dengan timur berbeda.
Salah satu penyebab terjadinya bencana ini adalah gangguan keseimbangan hidrologis. Gangguan hidrologis yang biasa terjadi di wilayah Indonesia adalah alih fungsi lahan di berbagai daerah aliran sungai sehingga tanah tidak meyerap air dengan baik. Hal tersebut juga menyebabkan waduk dan saluran irigasi yang merupakan sumber cadangan air bagi masyarakat, terisi sedimen sehingga debit air pun ikut menurun dengan signifikan sehingga saat musim kemarau tiba, tidak ada lagi cadagan air dan membuat daerah tersebut dilanda kekeringan.
Dampak kekeringan dapat kita lihat seperti turunnya  produksi pertanian atau gagalnya masa tanam yang mengakibatkan kerugian finansial pada para petani. Selain itu, kekeringan pun akan memberidampak negatif bagi makhluk hidup selain manusia dan sangat mungkin menyebabkan ketimpangan ekosistem mengalami kekeringan.

Upaya mengatasi terjadinya kekeringan adalah dengan cara membangun waduk dan saluran irigasi yang baik, serta konservasi lahan sekitar daerah aliran sungai agar suplai air tidak terganggu. Selain itu  kekeringan jugadapat diatasi dengan mengembangkan budaya hemat air yang terlaksana dengan baik akan membangun segi ekonomi masyarakat tanpa menterap banyak cadangan air.

Cuman segitu doang sih yang saya tahu dah kalau begitu dadah

Komentar

Postingan Populer